Game development atau pengembangan game adalah suatu proses pembuatan game
yang di lakukan oleh game developer yang bisa perorangan dan perusahan. Game di
kembangankan biasanya dalam kurun waktu 1-3. Saat ini membuat game sudah cukup
di mudahkan dengan adanya berbagai paltform game yang banyak, seperti Unity,
CryEngine, Greenfoot.
Dengan itu lah banyak di jumpai game game indie buatan lokal yang biasanya
bisa dunduh gratis karena platform game sendiri
juga ada yang gratis maupun yang berbayar, semuanya hanya niatnnya saja
untuk membuat atau tidak.
- Tahap Riset dan Penyusunan Konsep Dasar
Disini mencari tahu game apa yang ingiin di buat seperti tema, konsep,
target dalam game itu, teknologi, hingga paltformnya. Tahapan ini akan menjadi
sangat penting karena untuk menentukan
akan menjadi apa game tersebut nantinya.
- Perumusan Gameplay
Pada tahap ini menentukan polaa, hukum/aturan dalam game tersbut. Hingga
apa apa saja yang harus di capai oleh pemain untuk menyelesaikan game tersebut
agar pemain mendapatkan pengalaman menyenangkan memainkan game tersebut.
- Penyusunan Asset dan Level Design
Disini terfokus pada pembuatan konsep karakter serta asset suara dan musik
yang ada di dalam game. Pada bagian ini biasanya designer mengambil peran dalam
membuat karakter game. Pada saat yang sama tim juga mulai melakukan Level
Design atau pengelopokan tingkat kesulitan serta berbagai asset yang tepat pada
setiap leel agar game bisa menghadirkan pengalaman bermain yang optimal.
- Test Play (Prototyping)
Pada tahan ini di lakukan test pada game yang dibuat untuk mencari
kelemahan game, dan juga untuk mencari tau apa apa yang kurang dari game
tersebut. Tahapan ini juga berfungsi memberikan gabarang lengkap bagi seluruh
tim akan menjadi seperti apa game ini nantinya. Sehingga mempermudah proses
pengembagan game selanjutnya.
- Development
Pada tahap ini semua yang sudah di persiapkan seperti konsep dan lain
lainnya mulai di kembangankan dengan maksimal. Tahapan seperti scripting di
lakukan pada tahap ini.
- Alpha/close beta Test (UX – Initial Balancing)
Untuk mengetahui apakah semua komponen game dari game dapat memberikan
pengalaman menarik bagi pemain ada di tahap ini. Di tahap ini juga di gunakan
untuk mendeteksi adanya bug yang tidak terdeteksi agar dapat di perbaiki
sebelum game itu di pasarkan.
- Rilis
Pada tahap ini ketika game sudah siap di kembangkan setelah melalui proses
proses sebelumnya. Pada saat di rilis game sudah siap pakai dan akan memberikan
pengalaman baru bagi pemainnya. Pengembangan akan tetap dilakukan walaupun game
sudah dirilis, biasanya pengembang akan memberikan pembaruan pada gamenya.
Sumber.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar