Berikut ini adalah beberapa ilmu dan jurus yang boleh diturunkan oleh IT support kepada para pengguna komputer.
1. Restart komputer.
Jika terjadi masalah dengan komputer sebaiknya pengguna komputer melakukan restart, matikan dan nyalakan kembali. Beberapa masalah terbukti efektif dengan langkah ini misalnya jika system operasi hang, aplikasi hang. Problem jaringan pun sering teratasi dengan cara seperti ini, jika pengalamatan menggunakan metode dinamik atau DHCP maka dengan melakukan restart komputer maka system operasi akan melakukan perbaikan jika terjadi limited connection.
2. Mencabut dan memasang kabel data
User juga bisa diajarkan untuk mengetahui mana kabel network yang tercolok ke CPU, hal ini bertujuan jika terjadi masalah pada aplikasi yang disebabkan oleh faktor limited connection user bisa melakukan cabut pasang untuk proses renew IP address tanpa harus mengetik perintah ipconfig /release dan ipconfig/renew.
3. Backup data
Jika terjadi kerusakan permanent dengan media penyimpan data pada komputer maka datanya pasti hilang, untuk itu perlu semacam backup data, tidak perlu yang canggih dan ril time, sederhana saja ke sebuah folder yang di-sharing.
4. Cara mengingat dan mengganti Password secara berkala
Memang password adalah hal yang rahasia dan pribadi, namun para IT support paling sering melakukan reset password, entah itu password untuk login ke OS dan login domain. Berdasar pengalaman pribadi, saya jarang sekali lupa password terutama yang biasa digunakan sehari. Sisipkan angka pada password dan urutkan secara berurutan jika harus menggantinya secara berkala.
5. Jangan sembarangan install program
Pastikan bahwa si user tidak asal menginstall program yang sumbernya bukan dari pihak IT Divisi. Berikan pengertian bahwa segala program yang bukan dari bagian IT adalah illegal dan dapat dikenai sanksi jika menggunakannya.
6. Jangan Membiarkan Hardisk terisi sampai penuh
Satu lagi kebiasaan buruk para pengguna komputer. Karena kebiasaan ini seorang teman pernah ribut sama users karena datanya hilang. Cerita di kantor jika data yang tersimpan melebihi batas tertentu maka user akan mendapat peringatan untuk menghapus jika perigatan tidak digubris maka semua data akan dihapus dari harddisk. Nah kebetulan si teman ini sedang memperbaiki komputernya dan proses penghapusan itu sedang berjalan maka apes lah nasih si teman itu, ia malah dianggap telah menghapus data si pengguna komputer itu.
Source : http://www.norisanto.com/it-support/6-jurus-it-support-yang-harus-diketahui-oleh-pengguna-komputer/
Source : http://www.norisanto.com/it-support/6-jurus-it-support-yang-harus-diketahui-oleh-pengguna-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar